Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Gabriel García Marquez menjadi Google Doodle hari ini, siapakah dia ?

gambar: tekno.liputan6.com
POMAJA17.BLOGSPOT.COM - Hai Remaja! Saat kita mau menjelajah website lewat mesin pencari google, terkadang design logonya berubah dengan design yang unik atau menyerupai karya suatu tokoh tertentu. Sebutannya yaitu Google Doodle.

Nah, Google Doodle hari ini mencerminkan karya tokoh dari Magdalena tapi besar di Mexico dan Eropa.

Gabriel García Marquez, ia adalah seorang novelis, jurnalis, penerbit, dan aktivis politik Kolombia. Karirnya berawal dari menjadi wartawan untuk harian Bogotá, El Espectador

Karya 

Kisah tentang Seorang Pelaut yang Karam atau bahasa aslinya Relato de un náufrago, Karya besar yang dibuat pertama oleh si Gabriel García Marquez ini yaitu buku dengan judul dan ditulis sebagai cerita bersambung surat kabar pada 1955.

Bukunya menceritakan kisah nyata tentang sebuah kapal karam dengan mengungkapkan kenyataan bahwa kehadiran barang-barang gelap di sebuah kapal Angkatan Laut Kolombia, yang membuat kapal itu kelebihan muatan, telah ikut menyebabkan karamnya. 

Hal ini menimbulkan kontroversi publik, karena cerita itu membantah laporan resmi mengenai kejadian sekitar kecelakaan itu, yang mempersalahkan badai dan mengagungkan si pelaut yang selamat. 

Cerita ini menjadi awal dari pekerjaannya sebagai koresponden asing, karena García Márquez menjadi semacam persona non grata untuk pemerintahan Jenderal Gustavo Rojas Pinilla. Kisah ini kemudian diterbitkan pada 1970 dan dianggap oleh banyak orang sebagai sebuah novel.

Kronik tentang Maut yang telah Diramalkan (Crónica de una muerte anunciada) (1981), yang mengisahkan cerita pembunuhan balas dendam yang direkam dalam koran-koran, 

Cinta di Kala Wabah Kolera (El amor en los tiempos del cólera) (1985), yang didasarkan secara bebas pada kisah berpacaran orangtuanya. 

Seratus Tahun Kesunyian (Cien años de soledad), kalau ini yang terkenal. Udah terjual lebih dari 9 juta eksemplar. Novel ini jalan ceritanya mengisahkan kehidupan tentang sebuah desa Amerika Selatan yang terasing di mana kejadian-kejadian aneh digambarkan sebagai hal-hal yang biasa. 

Penghargaan

García Márquez dapat Hadiah Rómulo Gallegos pada 1972 untuk bukunya Cien años de soledad (Seratus tahun kesunyian). Dia dianugrahi Penghargaan Nobel Sastra tahun 1982 dari cerita-cerita pendek sama novelnya.

Riwayat Hidup

1999, García Márquez didiagnosis terkena kanker kelenjar getah bening. ngeri juga :(;

2000, sebuah harian Peru namanya La Republica, memberitakan bahwa ia telah meninggal dunia;

2002, ia menerbitkan memoarnya Vivir para contarla (Hidup untuk Menceritakan Kisahnya) jilid pertama dari otobiografinya yang direncanakan terbit tiga jilid;

2004, harian Bogotá El Tiempo mengumumkan sebuah novelnya yang baru, Memoria de mis putas tristes (Kenangan para Pelacurku yang Berduka), sebuah kisah cinta yang diterbitkan pada bulan berikutnya, Oktober 2004, dengan cetakan pertama satu juta eksemplar;

2014, García Márquez meninggal karena pneumonia di usia 87 tahun pada 17 April 2014.

Dilansir dari wikipedia.com

Bagikan

Related Posts

Previous
Next Post »