Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Hari Cewek Internasional menjadi Google Doodle Hari ini, Sejarah dibalik Hari Cewek Internasional

Hari Cewek Internasional menjadi Google Doodle Hari ini, Sejarah dibalik Hari Cewek Internasional
gambar: google.com

Dilansir dari MAKASSAR.TRIBUNNEWS.COM (08/02/18') - Hari Cewek Internasional pertama kali dirayakan pada tanggal 28 Februari 1909 di New York, Amerika Serikat dan diselenggarakan sama Partai Sosialis AS.

Demo pada tanggal 8 Maret 1917 yang dilakukan oleh para cewek di Petrograd memicu terjadinya Revolusi Rusia.

Hari Cewek Internasional secara resmi dijadikan sebagai hari libur nasional di Soviet Rusia pada tahun 1917, dan dirayakan secara luas di negara sosialis maupun komunis.

Pada tahun 1977, Hari Cewek Internasional diresmikan sebagai perayaan tahunan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memperjuangkan hak cewek dan mewujudkan perdamaian dunia.

Apokrifal

Sebuah cerita yang beredar di lingkaran internal para kolomnis Perancis, bahwa ada seorang cewek dari buruh pabrik tekstil melakukan demonstrasi pada 8 Maret 1857 di New York.

Demonstrasi tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melawan penindasan dan gaji buruh yang rendah, tetapi demonstrasi tersebut dibubarkan secara paksa oleh pihak kepolisian.

Pada tanggal 8 Maret 1907, Hari Cewek Internasional diresmikan sebagai peringatan terhadap kasus yang terjadi 50 tahun yang lalu.



Temma Kaplan berpendapat, "peristiwa tersebut tidak pernah terjadi, tetapi banyak orang Eropa yang percaya bahwa tanggal 8 Maret 1907 merupakan awal dari terbentuknya Hari Cewek Internasional."

Peristiwa 8 Maret

Selain Hari Cewek Internasional, tanggal 8 Maret sepanjang sejarah juga terjadi peristiwa di bawah ini:

1618, Johannes Kepler menemukan hukum gerakan planet ketiga.

1658, Perjanjian Roskilde: Setelah menderita kekalahan dalam Peperangan Utara (1655–1661), Frederick III, Raja Denmark–Norwegia dipaksa untuk menyerahkan hampir separuh kerajaannya kepada Swedia untuk menyelamatkan sisanya.

1702, Anne Stuart, adik Mary II, menjadi Ratu Inggris, Skotlandia, dan irlandia.

1722, Dinasti Safawiyah di Iran dikalahkan oleh pasukan dari Afghanistan di pertempuran Gulnabad, memaksa Iran menjadi anarkis.

1801, Perang Koalisi Kedua: Dala Pertempuran Abukir, pasukan Inggris dipimpin Sir Ralph Abercromby mendarat di Mesir dengan tujuan menghentikan kampanye Perancis di Mesir dan Suriah.

1817, Bursa Efek New York (New York Stock Exchange) didirikan.

1844, Raja Oscar I turun dari tahta Swedia dan Norwegia.

1862, Perang Saudara Amerika: kapal perang besi milik Konfederasi, CSS Virginia (bekas USS Merrimack), diluncurkan di Hampton Roads, Virginia.

1914, Penerbangan perdana Angkatan Udara Kerajaan Thailand di Bandara Internasional Don Muang, Bangkok.

1916, Perang Dunia I: Pasukan Inggris gagal menembus pengepungan Kut (sekarang di Irak) dalam Pertempuran Dujaila.

1917, Aksi protes Hari Cewek Internasional di St. Petersburg menandai awal Revoluusi Februari (23 Februari dalam kalender Julian).

1920, Kerajaan Arab Suriah, negara Arab modern pertama, didirikan.

1921, Perdana Menteri Spanyol Eduardo Dato Iradier ditembak mati ketika beranjak keluar dari gedung parlemen di Madrid.

1936, Sirkuit Daytona Beach dan Road Course pertama kalinya menyelenggarakan balapan oval mobil stok.

1937, Perang Saudara Spanyol: Pertempuran Guadalajara dimulai.

1942, Perang Dunia II: Pemerintah Kolonial Hindia Belanda, diwakili Panglima KNIL Letnan Jenderal Hein Ter Poorten, resmi menyerah tanpa syarat kepada Jepang di Kalijati, Subang, Jawa Barat.

1942, Perang Dunia II: Jepang merebut Rangoon, Burma dari Inggris.

1947, 13.000 tentara Angkatan Darat Republik China tiba di Taiwan setelah insiden 28 Februari dan melancarkan aksi pembunuhan ribuan orang, termasuk banyak orang-orang elite. Insiden ini berubah menjadi akar utama gerakan kemerdekaan Taiwan.

1949, Presiden Perancis Vincent Auriol dan mantan Kaisar Bảo Đại menandatangi Piagam Élysée, yang memberi Vietnam kemerdekaan lebih besar dari dari Perancis dan mendirikan Negara Vietnam untuk menandingi Republik Demokratik Vietnam yang dipimpin oleh Viet Minh.

1950, Dinas Kepolisian Pamong Praja Indonesia didirikan.

1957, Ghana bergabung menjadi anggota PBB.

1963, Partai Ba'ath mulai berkuasa di Suriah melalui kudeta oleh sekelompok perwira kiri Angkatan Darat Suriah yang menyebut dirinya Dewan Nasional Komando Revolusioner.

1971, Pertarungan tinju abad ini antara Joe Frazier dan Muhammad Ali dilangsungkan di Madison Square Garden, New York. Frazier menang angka mutlak dalam pertandingan 15 ronde tersebut.

1979, Philips memamerkan Cakram Padat (Compact Disc) kepada publik untuk pertama kalinya.

2003, Yonif 100/Raider Kodam Bukit Barisan TNI-AD RI diaktifkan kembali.

2004, Konstitusi baru ditandantangi oleh Dewan Pemerintahan Irak.

2014, Pesawat komersial Boeing 777 Malaysia Airlines Penerbangan 370 jatuh dan hilang di Samudra Hindia saat terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing.

Bagikan

Related Posts

Previous
Next Post »