Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Upacara Pembukaan Paralympics 2018 di Korea Selatan

Upacara Pembukaan Paralympics 2018 di Korea Selatan
gambar: youtube.com
POMAJA17.BLOGSPOT.COM - Hai Remaja! Pertandingan olahraga internasional “ Paralympics 2018” dimulai hari ini, Jumat (9/3/2018), di Pyeongchang, Korea Selatan. Kompetisi ini diikuti oleh 80 negara, berlangsung selama sepekan hingga Minggu (18/3/2018) mendatang. 

Google ikut meramaikan Paralympics 2018 dengan memasang doodle di laman mesin pencarinya. Doodle tersebut menggambarkan cabang olahraga dari Paralympics yakni; ski, biathlon, ski lintas alam, hoki es, snowboarding, dan kursi roda. 

Kurang lebih 670 atlet lintas negara mengikuti ajang Paralympics 2018 ini. Menurut laporan, tahun ini lebih banyak atlet cewek yang terlibat untuk memperebutkan 80 medali. 

Buat kalian yang gk tau, Paralympics ini merupakan pertandingan olahraga untuk atlet yang mengalami cacat fisik, mental, dan sensoral. Cacat yang dimaksud yaitu ketidakmampuan dalam mobilitas, cacat karena amputasi, gangguan penglihatan, serta para penderita cerebral palsy. 

SEJARAH
Upacara Pembukaan Paralympics 2018 di Korea Selatan
gambar: thoughtco.com 
Paralympics diselenggarakan empat tahun sekali, dimulai sejak 1960 di Roma. Paralympics sendiri ada yang khusus untuk musim dingin alias winter seperti yang tengah berlangsung sekarang. Untuk Winter Paralympics, penyelenggaraannya dimulai sejak 1976 di Swedia. 

Indonesia gk termasuk yah, soalnya karena masyarakatnya tinggal di Negara Tropis dan enggak terbiasa dengan cabang olahraga bertemakan winter. 

EMPAT PESAN PENTING

Dilansir PIKIRAN-RAKYAT.COM (09/03/18') - Paralympics bukan sekadar perhelatan olahraga. Lebih dari itu, Paralympics adalah sebuah gerakan yang mengandung nilai-nilai agung.

Setidaknya ada empat pesan penting yang disuarakan melalui perhelatan paralimpiade ini. Yakni keberanian, kebulatan tekad, inspirasi, dan kesetaraan. 

Dilansir dari laman resmi Paralympics 2018, pesan keberanian merupakan semangat unik para atlet paralimpiade untuk berusaha mencapai apa yang masyarakat anggap tidak mungkin. Namun para atlet paralimpiade percaya, itu adalah sebuah keniscayaan.

Adapun kebulatan tekad tercermin pada motivasi para atlet yang berusaha keras untuk mendobrak batas absolut kemampuan fisik mereka. 

Pesan selanjutnya adalah inspirasi, bagaimana prestasi dan perjuangan yang mereka torehkan dalam perhelatan tersebut dapat berdampak bagi kehidupan orang lain. 

Tidak lupa isu kesetaraan menjadi sangat penting dalam paralimpiade. Karena Paralimpiade adalah media untuk mengubah stigma masyarakat yang masih mendiskriminasi orang-orang disabilitas. 


EMPAT HAL MENARIK

Dari PyeongYang ke PyeongChang, Korea Utara untuk pertama kalinya mengirimkan tim atlet di Paralimpiade PyeongChang 2018. Korea Utara hanya mengirimkan dua atlet ski lintas alam Kim Jeong Hyun dan Ma Yoo Chul. 

Pada hari Kamis, International Paralympic Committee (IPC) mengumumkan bahwa di Paralimpiade ini, Korea Selatan dan Korea Utara berbaris secara terpisah pada upacara pembukaan. Berbeda dengan saat pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018 yang kala itu mereka berada di bawah bendera unifikasi Korea. 

Keikutsertaan Korea Utara di Olimpiade Musim dingin memicu serangkaian gerakan rekonsiliasi, termasuk tawaran dari PyeongYang untuk mempertimbangkan mengenai pembatalan program senjata nuklirnya. 

Atlet Rusia akan bertanding dengan status netral, Sebanyak 30 atlet Rusia yang ada di Paralimpiade PyeongChang 2018 akan bertanding dengan status netral, dikarenakan Rusia masih dalam masa skors oleh pihak International Paralympic Committee (IPC) karena kasus dopping. Sebelumnya, pihak IPC telah melarang Russian Paralympic Committee mengikuti Paralimpiade Rio pada Agustus 2016 silam karena mereka mereka melanggar World Anti-Doping Code (WADA). 
Upacara Pembukaan Paralympics 2018 di Korea Selatan

Rekor penjualan tiket, Pada bulan Oktober, penjualan tiket untuk Paralympics 2018 terlihat tidak begitu baik.Dilaporkan dari media di Korea Selatan, dari tiket yang tersedia, hanya 0.2% tiket yang terjual.Namun, setelah lima bulan berlalu, penyelenggara Paralimpiade menyatakan bahwa penjualan tiket saat ini sudah mencapai 275.000 dan hal itu merupakan sebuah angka yang fantastis.

Dengan hanya 11% tiket yang tersisa, penjualan tiket Paralimpiade telah melampaui penjualan tiket Olimpiade dalam persentase. Ajang olahraga Paralimpiade 2018 ini akan menjadi yang terbesar sepanjang sejarang dengan 570 atlet dari 48 negara yang berpatisipasi.

Klasifikasi ‘yang lebih profesional’, Presiden IPC, Andrew Parson pada minggu ini menyatakan bahwa klasifikasi adalah salah satu masalah utamayang dihadapi di ajang olahraga Paralimpiade ini. Cabang olahraga untuk penyandang disabilitas memiliki beberapa kategori tergantung dari jenis disabilitasnya dan seberapa serius disabilitasnya. Terkadang atlet memiliki tingkat disabilitas tersendiri, yang menyebabkan mereka tidak memenuhi syarat untuk cabang olahraga yang mereka pilih.

Saai ini pekerjaan klasifikasi masih dilakukan oleh relawan, namun Parsons menyatakan bahwa proses pengklasifikasian akan dilakukan lebih profesional. 


KOREA UTARA DAN KOREA SELATAN BEDA BARISAN

Dilansir PIKIRAN-RAKYAT.COM (08/03/18') - Event olah raga rupanya belum bisa mencairkan perang dingin antara dua negara Korea yang bertetangga. Dalam upacara pembukaan Paralympics 2018 di Pyeongchang yang dibuka 9 Maret 2018 ini, barisan atlet Korea Utara akan terpisah dengan Korea Selatan. 

Demikian diumumkan Komite Paralympics Internasional (IPC), Kamis 8 Maret 2018. Seperti diketahui, kedua negara bertikai itu berjalan bersama di bawah bendera Amerika pada event Olimpiade Musim Dingin, bulan lalu. Kali ini, IPC menawari mereka kesempatan yang sama. Namun, setelah setelah perbincangan yang serius di Desa Paralympics, kemudian diputuskan bahwa kejadian serupa tak akan terjadi Jumat ini. Kedua negara itu memutuskan untuk berpisah.

"Meskipun kami kecewa, kami tetap menghormati keputusan dua Komite Paralympics Nasional (NPC) yang memutuskan bahwa mereka berbaris secara terpisah. Mungkin ini akan menjadi lebih baik bagi kedua belah pihak," kata Presiden IPC Andrew Parsons dalam sebuah rilis seperti dikutip Sportingnews.

Sebelumnya, IOC telah membuat kemajuan besar dengan membuka dialog antara kedua negara menjelang Olimpiade Musim Dingin bulan lalu. Ikut sertanya Korea Utara dalam Paralympics 2018 di Pyeongchang adalah langkah maju yang bagus untuk gerakan ini.


Kunjungi https://www.paralympic.org untuk segala informasi resmi Paralympics 2018.

Bagikan

Related Posts

Previous
Next Post »