Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Suka Warna Ungu ? Yuk, Kenalan sama William Henry Perkin Penemu Warna Ungu dan Pewarna Sintesis

Suka Warna Ungu ? Yuk, kenalan sama William Henry Perkin Penemu Warna Ungu dan Pewarna Sintesis
gambar: tribunnews.com

POMAJA17.BLOGSPOT.COM - Hai Remaja! ada yang suka warna ungu gk nih ? btw, kalian tau gk siapa penemunya ? Kalau gk tau, biar admin nih yang kasi tau. William Henry Perkin inilah penemu warna ungu dan sekaligus pewarna sintetis.

SEJARAH

Buat kalian yang gk tau, Si William Henry Perkin ini ketika menemukan warna ungu itu secara tidak sengaja loh alias tanpa direncanakan atau diteliti. Hoki yang membawa berkah nih, xD

Jadi ceritanya itu, saat Si William ini berumur 18 tahun pada tahun 1853. William masuk Royal College of Chemistry, London. 

Ketika itu Si William ini belajar ilmu kimia di bimbing sama August Wilhelm von Hofmann dari jerman.

Si William ini jadi seorang assisten yang berumur 18 tahun di laboratorium. Umur 18 sudah jadi assisten kalau kalian gimana ? hehe. Si William ini memiliki tugas untuk membersihkan semua kotoran hitam dari gelas kimia setelah percobaan yang gagal. Lah, kok mirip Office Boy yah, xD.

Si Hofmann alias pembimbingnya Si William kala itu lagi sibuk mencari rumusan kimia guna menghasilkan obat penangkal penyakit malaria yang menjadi momok di kala itu.

Dalam percobaannya Si Hofmann ini sering gagal, jadinya banyak aparatur yang kotor dan dibersihkan sama Si William.

Nah, ketika sibuk membersihkan gelas-gelas kimia yang kotor itu, Si William Henry Perkin ini menemukan sebuah hal yang menarik di matanya.

Secara tidak sengaja, dia menemukan zat berwarna ungu dengan sifat pewarnaan yang sangat bagus dan begitu jelas, suatu hal yang tak pernah ia lihat sepanjang hidupnya.

Si William Henry Perkin menyadari hal tersebut setelah zat 'aneh' itu meninggalkan noda ungu yang jelas saat diencerkan dengan alkohol. 

Karena penemuan yang tak disengajanya ini, Si William tertarik dan mulai mempelajari zat ungu tersebut.

Upaya-upaya mulai dari pembuatan ulang zat tersebut pun dia lakukan.

Setelah si William mendapatkan formula yang tepat untuk mereplikasi zat ungu tersebut, William pun mematenkan temuannya sekaligus mengkomersialisasikan hasil risetnya.

Zat pewarna ungu ini kemudian dia namakan "mauveine" atau dikenal juga dengan anilin ungu (aniline purple), atau Tyrian Purple.

Mauvenine ini lah yang menjadi basis sekaligus pionir dalam perkembangan industri pewarna buatan.

Pada tahun 1856 akhirnya Si William Henry Perkin mendapatkan hak paten untuk memproduksi pewarna sintetisnya itu.

Di tahun berikutnya, dengan bantuan keluarganya, Si William Henry Perkin mendirikan pabrik di dekat Harrow. 

Kesuksesan Si William Henry Perkin ditandai dengan puncak dari perkembangan pesat industri tekstil yang terjadi pada zaman itu.

Pakaian berwarna ungu pun menjadi tren nih dan begitu mewabah di kalangan masyarakat Inggris berkat jasa Si William ini.

Pakaian berwarna ungu saat itu menjadi dresscode bagi kalangan elite tertentu karena Mauvenine yang ditemukan William sendiri dianggap sangat mahal untuk sebagian besar orang. Jaman dulu pakaian warna ungu hanya Horang kaya yang bisa beli. 

Lambat laun penemuan si William ini jadi tren tapi sekaligus membuat masalah kesenjangan nih. Si William Henry Perkin trus berfikir untuk membuat Mauvenine dengan harga yang lebih murah, sehingga warna ungu ini menjadi lebih mudah diakses dan didapat. 

Karena penemuannya ini, Si William Henry Perkin mempopulerkan sistem atau proses yang digunakannya ini kemudian dikenal sebagai reaksi Perkin. Mantap lah, ini namanya dari Hoki menjadi ilmuwan, xD

Seiring perkembangannya, Reaksi Perkin juga digunakan untuk mensintesis kumarin yang menghasilkan parfum buatan pertama di dunia.

Karena jasa-jasanya di bidang penelitian kimia terutama tekstil inilah, Si William Henry Perkin mendapatkan gelar bangsawan pada tahun 1906, bertepatan dengan peringatan 50 tahun penemuannya untuk "mauvein".

Untuk memperingati jasanya, Google membuat doodle untuk Si William ini dengan tema berwarna ungu.

Anyway, HBD yang ke-180 buat Si William Henry Perkin!

Bagikan

Related Posts

Previous
Next Post »